Local SEO merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan lebih banyak konsumen ataupun pelanggan di sekitar lokasi usaha Anda. Pada dasarnya, local SEO termasuk dalam strategi SEO secara umum. Namun, strategi ini lebih berfokus pada cakupan lokal (seperti namanya) atau wilayah tertantu.
{tocify} $title={Table of Contents}
Anda tentu pernah mencari toko terdekat, entah itu toko roti terdekat atau kafe terdekat menggunakan Google. Dan beberapa hasilpun muncul. Nah, hasil yang muncul tersebut adalah contoh dari penerapan Local SEO. Dengan Local SEO, bisnis yang berlokasi dekat dengan pengguna akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, terutama melalui fitur Google My Business.
Mari kita bahas lebih dalam mengenai strategi local SEO yang satu ini.
Apa Itu Local SEO?
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, definisi dari local SEO pada intinya yaitu cara untuk mengoptimalkan website dan konten online agar lebih mudah ditemukan dalam hasil pencarian yang relevan dengan lokasi pengguna.
Pada kenyataannya, algoritma Google dirancang berdasarkan kebutuhan pencarian lokal. Sehingga informasi yang seringkali kita dapat, ataupun hasil yang muncul di mesin pencara adalah hasil yang berasal dari lokasi kita.
Misalnya, jika Anda mencari "genset Jakarta," hasil pencarian akan menampilkan bisnis yang menyediakan genset di area sekitar Jakarta.
Meskipun tak banyak orang tahu, local SEO ini sangat penting, karena lebih dari 46% pencarian di Google adalah pencarian lokal seperti contoh yang baru saja disebutkan.
Artinya, hampir separuh pengguna Google sedang mencari sesuatu yang dekat dengan mereka, entah itu toko, restoran, atau layanan lainnya.
Tak hanya itu, menurut statistik dari HubSpot, 78% pencarian lokal di perangkat seluler menghasilkan kunjungan toko fisik dalam 24 jam. Dengan angka ini, sudah jelas bahwa local SEO dapat dikataksan sebagai kunci untuk menarik pelanggan lokal yang siap untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.
Rahasia Dominasi Halaman Google dengan Strategi Local SEO
Untuk memenangkan persaingan di Google dengan Local SEO, ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan:
1. Optimasi Google Business Profile
Google Business Profile, yang sebelumnya dikenal sebagai Google My Business, adalah nomor satu dalam local SEO. Listing gratis ini dapat membuat bisnis Anda tampil di Google Maps dan hasil pencarian lokal.
Oleh sebab itu, pastikan Anda melengkapi semua detail penting, seperti alamat, jam operasional, nomor telepon, serta tambahkan foto-foto berkualitas tinggi.
Yang menjadi hal menarik tentang Google Business Profile ini adalah bisnis yang rutin memverifikasi dan memperbarui informasi di halamannya akan memiliki peluang dua kali lebih besar dianggap sebagai bisnis terpercaya oleh konsumen. Jadi, pastikan profil Anda selalu up-to-date untuk membangun reputasi yang baik.
2. Kata Kunci Lokal
Penggunaan kata kunci yang sesuai dengan lokasi target sangat penting untuk Local SEO. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis kafe di Bandung, pilih kata kunci seperti "kafe terbaik di Bandung.”
Pastikan kata kunci lokal ini digunakan di seluruh konten website Anda, mulai dari tag meta, judul, deskripsi, hingga artikel blog. Dengan cara ini, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari layanan di area tersebut.
3. Fokus ke Ulasan Online
Menurut survei dari BrightLocal, 87% konsumen membaca ulasan online sebelum memutuskan untuk mengunjungi bisnis lokal.
Google juga memberikan peringkat yang lebih tinggi kepada bisnis yang memiliki banyak ulasan positif. Maka dari itu, ajak pelanggan untuk memberikan ulasan.
Bahkan jika ada ulasan negatif ataupun kritik membangun, Anda harus dan menanggapinya dengan profesional dan positif. Tanggapan yang baik terhadap ulasan negatif menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kepuasan pelanggan dan bersedia memperbaiki kekurangan.
Jika Anda ingin melayani pertanyaan calon pelanggan 24 jam, Anda dapat menggunakan aplikasi chatbot untuk membantu dalam merespons ulasan atau pertanyaan pelanggan dengan cepat.
4. Membangun Backlink Lokal
Jalin kemitraan dengan bisnis lain di area Anda untuk saling tukar tautan. Misalnya, jika Anda memiliki kafe, Anda bisa berkolaborasi dengan toko roti lokal dan saling menautkan di situs web masing-masing.
Jangan lupa untuk selalu berfokus pada konten berkualitas yang menarik bagi audiens lokal Anda. Jika konten Anda informatif dan bermanfaat, situs web lain mungkin ingin menautkannya sebagai referensi. Dari sinilah Anda mendapatkan backlink untuk situs Anda.
5. Konsistensi NAP (Name, Address, Phone Number)
Pastikan informasi ini sama di semua platform online, termasuk website, Google Business Profile, dan direktori lokal. Ketidakcocokan atau terlalu banyak data yang berbeda dapat membingungkan mesin pencari dan calon pelanggan. Akibatkanya, mereka tidak lagi tertarik dan mencari opsi lain, alias kompetitor Anda.
Pentingnya Local SEO dalam Bisnis
Meningkatnya penggunaan perangkat seluler membuat pencarian lokal semakin meningkat. Data dari Statista menunjukkan bahwa lebih dari 60% pencarian lokal dilakukan melalui smartphone. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa apabila bisnis Anda tidak dioptimalkan untuk pencarian lokal, Anda kehilangan peluang besar untuk menjangkau para pelanggan baru.
Dengan kata lain, investasikan waktu Anda untuk strategi local SEO. Meskipun local SEO ini bukan strategi instan, yang mana Anda akan mendapat banyak pelanggan baru dalam semalam, hasil yang diperoleh dari investasi ini akan terbayar dalam jangka panjang. Seiring waktu, dengan upaya yang konsisten, Anda akan melihat peningkatan dalam visibilitas bisnis, jumlah kunjungan, dan akhirnya omset penjualan.